HARI KEBANGKITAN BANGSA 20 MEI 1908 – 20 MEI 2021

Setiap tanggal 20 Mei, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional.
Hari Kebangkitan Nasional ini ditandai dengan lahirnya organisasi Boedi Oetomo oleh sembilan pelajar Stovia. Organisasi yang bergerak dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan kebudayaan pada 1908.
Budi Utomo memelopori perjuangan dengan memanfaatkan kekuatan pemikiran dan mendorong munculnya organisasi-organisasi pergerakan lainnya.

Presiden Soekarno menetapkan tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 1948, di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Penetapan tersebut kemudian diperkuat dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 1 Tahun 1985 tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Penetapan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memperkuat kepribadian bangsa, mempertebal rasa harga diri dan kebanggaan nasional, dan mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan nasional.

Tema Harkitnas di 20 Mei  2021 adalah

“Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”.

Tujuan peringatan Harkitnas ke-113 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong kita sebagai landasan dalam melaksanakan pembangunan dan selalu optimis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari Pandemi Covid-19.Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021. Sudah 2 tahun ini kita hidup di tengah pandemi Covid-19. Semoga Indonesia segera bangkit bisa mengalahkan pandemi. Bangkit Indonesiaku!

Leave a Reply

Your email address will not be published.