WTP Ketiga Kalinya

          Opini BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern. Terdapat 4 jenis Opini BPK, yaitu :

1. Opini Wajar Tanpa Pengecualiaan (Unqualified Opinion)

2. Opini Wajar Dengan Pengecualian (Qualified Opinion)

3. Tidak Wajar (Adversed Opinion)

4. Tidak Memberikan Pendapat (Disclaimer of Opinion)

            Setelah kurang lebih satu bulan melakukan pemeriksaan di Pemerintah Kota Malang, BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (unqualified opinion) atas Laporan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Malang TA. 2013 (Hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Daerah Kota Malang Tahun Anggaran 2013 oleh BPK-RI Perwakilan Propinsi Jawa Timur Nomor : 141/S-HP/X.Vlll Jatim/05/2014 Tanggal 26 Mei 2014). Opini Wajar tanpa pengecualian (biasa disingkat WTP) adalah opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Jika laporan keuangan diberikan opini jenis ini, artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, perusahaan/pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan. Opini Wajar Tanpa Pengecualian ini merupakan yang ketiga kalinya diterima oleh Pemerintah Kota Malang. Ini merupakan prestasi yang layak untuk dibanggakan oleh Pemerintah Kota Malang. Perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian merupakan hasil kerja keras seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Malang. Dengan diperolehnya opini Wajar Tanpa Pengecualian ini, hendaknya tidak menjadikan Pemerintah Kota Malang lengah, akan tetapi dengan opini ini diharapkan seluruh SKPD meningkatkan kerjasama  demi mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

1 comment

  1. Mohon untuk ditertipkan ruko2 yang ada di utara terminal arjosari yang di bangun di atas tanah pemkot malang yang pembangunannya tidak sesuai peruntukan Dan uda di perjualbelikan tanpa presedur sebagaimana mestinya terimakasih atas perhatiannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.